5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

17 May 2019

puasa, manfaat, peradangan, kesehatan, jantung, berat, kurus, makan

Melawan Peradangan

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan berpuasa dapat membantu melawan peradangan. Inflamasi atau peradangan adalah proses kekebalan normal yang berfungsi melawan infeksi. Kebiasaannya peradangan kronis seperti radang persendian (arthritis). Penelitian juga ternyata menunjukkan puasa boleh membantu menurunkan peradangan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengubah cara makan dan gaya hidup amat penting untuk mengurangi risiko sakit jantung. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan berpuasa. Menurut sebuah studi puasa dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan risiko jantung koroner.

Menstabilkan Glukosa Dalam Darah Gula

Amalan puasa sebenarnya boleh membantu untuk kekalkan gula di dalam darah hingga mencapai kadar optimum dan tidak mengganggu kadar hormon dalam darah. Glukosa perlu dalam tubuh karena berfungsi sebagai sumber energi namun jika berlebihan akan mengundang risiko kepada kesehatan. Pengambilan makanan seperti nasi, gula, roti yang terdapat banyak glukosa. Maka dengan amalan berpuasa boleh membantu menurunkan kadar glukosa darah lebih dari 30%.

Menurunkan Berat Badan

Berpuasa amat baik untuk kesehatan tubuh malah juga dapat membantu menurunkan berat badan. Ramai yang sering mempraktikan puasa sebagai salah satu cara berkesan untuk menurunkan berat badan. Namun bagi Muslim yang berpuasa 30 hari di bulan Ramadan merupakan satu kelebihan untuk mengurangi asupan kalori keseluruhan karena tidak mengonsumsi makanan atau minuman seperti kebiasaan.

Memperbaiki Pola Makanan

Mungkin ada sesetengah individu yang mempunyai gangguan makan berlebihan hingga meningkatkan berat badan. Justeru puasa adalah baik untuk mereka yang sering mempunyai masalah makan berlebihan. Ayo mulai mengawal nafsu makan Anda di bulan Ramadan. Ini karena pengurangan konsumsi makanan selama puasa amat membantu Anda memperbaiki pola makanan yang tidak teratur.

Sumber Foto:

1 comment:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete