Panduan Makan Bagi Penderita Diabetes

5 May 2017

Diabetes, panduan, makan, aturan

Pola makan pada penderita diabetes harus benar-benar dikawal dan diperhatikan. Ini karena, pemderita diabetes biasanya memiliki kecenderungan kandungan gula darah yang tidak terkontrol. 

Aturan Makan Nasi

Untuk itu, cobalah untuk mengawal mengonsumsi nasi putih dalam jumlah tinggi. Coba memangkas porsi nasi sedikit demi sedikit karena kandungan karbohidratnya sangat tinggi. Cara lain, Anda bisa menggantinya dengan beras coklat atau beras merah.


Buah-Buahan

Porsi buah-buahan untuk penderita diabetes disarankan pengambilannya kurang sama besar dengan kepala tangan. Namun sebaiknya memilih buah yang segar dan bisa dijadikan jus tetapi jangan ditambahkan dengan gula.

Lemak Sehat

Hindar penggunaan minyak yang terlalu banyak seperti makanan goreng. Pilihlah lemak sehat seperti lemak yang ada pada minyak zaitun dan minyak kanola. Namun porsi minyak jangan  berlebihan cukup sekadar satu sendok teh.

Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran banyak serat yang mampu membuat Anda kenyang lebih lama dan juga dapat membantu dalam mengawal  gula darah Anda. Boleh menukar sayur- sayuran yang dikukus dan yang boleh dimakan mentah.

Sumber Foto: 



No comments:

Post a Comment