Bersiap Menghadapi "Musim DB"

17 Nov 2015

Pada puncak musim penghujan di bulan Januari dan Februari, kasus demam berdarah lazim merebak. Menjaga diri tak digigit nyamuk adalah strategi paling baik untuk menghindari penyakit yang dapat menyebabkan kematian itu.
Di musim penghujan banyak terdapat genangan air tempat nyamuk menyimpan telurnya. "Sesudah telur menjadi nyamuk, nyamuk itu beristirahat selama 17 untuk kemudian terbang bersama kelompoknya dan mencari pasangan. Di situ mereka kawin. Kemudian nyamuk betina menghisap darah sampai benar-benar kenyang. Ketika kenyang darah itu, mereka beristirahat di tembok atau di daerah dekat air. Darah itu dicerna untuk pembentukan telur. Lalu telur diletakkan di atas permukaan air," kata profesor dari Divisi Parasitologi dan Entomologi Kesehatan Fakultas Kedokteran IPB, Upik Kusumawati Hadi.

Genangan air yang disukai nyamuk demam berdarah adalah air bersih. Menguras tempat penampungan air, mengubur barang-barang bekas dan menutup tempat penampungan air adalah langkah untuk mencegah nyamuk bersarang di rumah.

Namun, ada pula tempat-tempat yang jarang dilirik justru potensial menjadi tempat nyamuk bertelur. "Misalnya saja vas bunga, genangan di dispenser air minum atau tempat minum burung," ujarnya.

Nyamuk yang termasuk berbahaya adalah yang sudah membawa penyakit dalam tubuhnya. Menurutnya, dalam 30 tahun terakhir kasus demam berdarah meningkat tajam. Gara-gara nyamuk berpenyakit itu, dalam satu keluarga beberapa anggota dapat tertular demam berdarah sekaligus. Untungnya, saat ini angka kematian akibat penyakit ini menurun, karena penanganan penyakit yang semakin membaik.

Untuk mencegah demam berdarah terjadi kembali, kita perlu mengendalikan nyamuk. "Caranya dengan menurunkan populasi nyamuk dan mencegah terkena gigitan nyamuk," katanya.

Memiliki hewan ternak yang dipelihara di halaman rumah lumayan efektif mencegah nyamuk karena nyamuk lebih menyukai darah hewan daripada manusia. "Bisa juga memasang kelambu, kasa nyamuk, memakai zat antinyamuk," imbuh Upik.

Sumber Artikel:

Sumber Foto:

No comments:

Post a Comment