Yogurt Dapat Kurangi Kadar Kolestrol

24 Apr 2015

Yogurt yang merupakan hasil fermentasi susu ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.Salah satunya, yaitu dapat menurunkan kadar kolestrol. 

Para peneliti menemukan bahwa mengkosumsi dua dosis pribiotik dalam sehari dapat menurunkan kadar kolestrol sehingga membersihkan darah termasuk kolestrol jahat dan total kolestrol.

Yogurt juga mengandungi asidophilus (dari bakteria L.aciddophilus) dan susu bifidus (dari bakteria Bifidobakterium bifidum) mampu menurunkan kolestrol darah. Ini adalah  kerana zat faktor antikolestrol yang mencegah  kerja enzim pembentuk kolestrol.

Pengurangan kolestrol juga terjadi kerana pertumbuhan bakteria akan menyerap sejumlah zat kolestrol ke dalam selnya. Penyerapan ini berlaku di usus kecil dan membantu mengurangi kolestrol dalam darah.

Manfaat yogurt untuk menurunkan kadar kolestrol ini pernah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di Shiraz, Iran Selatan pada 2010. Mereka meneliti konsumsi yogurt dengan probiotik dan yogurt tanpa probiotik terhadap 46 responden berusia 20-67 tahun. 

Hasilnya, mereka diberi yogurt probiotik 300 gram per hari ternyata efektif menurunkan kadar LDL dan kolestrol. Selain itu, yogurt secara teratur juga dipercayai dapat mencegah tekanan darah tinggi dan jantung koroner. 


Sumber artikel:


Sumber foto:

No comments:

Post a Comment