5 Cara Mudah Mendapatkan Tidur Nyenyak

6 Oct 2017

Setiap orang pasti memerlukan tidur yang cukup dan nyenyak untuk merehatkan minda dan tubuh selepas seharian bekerja dan melakukan aktivitas. Kebiasaannya, kekurangan tidur terkait dengan akibat banyak berpikir dan terlalu letih. Namun, apa yang Anda perlu tahu risiko akibat dari kekurangan tidur boleh meningkatkan risiko stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. 

Memperoleh tidur yang cukup sangat penting demi menjamin kesegaran tubuh badan. Rata-rata ramai yang mengalami masalah sukar untuk tidur dan perlu mengambil masa yang lama membolak-balikkan tubuh selama berjam-jam dan akhirnya tertidur dengan keadaan tidak nyaman  serta gelisah.

Menghindar Handphone

Mematikan semua lampu dan hindari bermain game, televisi, komputer dan handphone adalah cara terbaik untuk mengelak kesulitan untuk tidur. Sebaiknya setengah jam sebelum tidur hentikan penggunaan peralatan elektronik. Ini karena, cahaya yang dihasilkan dari gadget dan televisi dapat menurunkan hormone melatonin. Cahaya atau bunyi yang dihasilkan dapat menembus lensa mata dan telinga hingga merangsang otak untuk kembali aktif seperti sedang bekerja walaupun otak seharusnya istirihat.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat salah satu cara yang efektif yang bisa membantu proses tidur Anda menjadi lebih cepat. Air hangat mampu mengurangi stres dan mengimbangi suhu badan, seterusnya akan membuat anda lebih nyaman dan mudah untuk tidur. Hal ini karena, air panas bertindak menurunkan temperatur tubuh secara alaminya yang membantu otot-otot tubuh agar bangun pagi menjadi lebih segar.

Berolahraga

Coba lakukan olahraga yang rutin sekurang-kurangnya sebanyak 2-3 kali seminggu, 15-20 menit di sore hari. Olahraga bisa mengurangi stress dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Seterusnya, ia dapat membantu anda memperoleh tidur yang berkualitas dan tidur dengan mudah di malam hari.

Hindar Minum Kopi Beberapa Jam Sebelum Tidur

Tahukah Anda minum minuman yang mengandungi kafein seperti kopi, soda, teh dan alkohol bisa mengganggu proses tidur Anda. Ini karena kafein boleh bertahan dalam tubuh badan seseorang hingga lima jam selepas diminum. Seelok-eloknya, tidak minum apa saja bentuk air mengadungi kafein setidaknya delapan jam sebelum waktu tidur. 

Jangan Makan Makanan Berat Sebelum Tidur

Hindari makan secara berlebihan sebelum tidur agar perut tidak terlalu penuh ketika tidur. Hal ini karena perut yang sangat penuh dapat terganggunya proses tidur serta membuat anda kesulitan untuk tidur.



Sumber Foto: 
http://blog.downlinens.com/wp-content/uploads/2014/01/1112-sleep-memory-main.jpg 

No comments:

Post a Comment