Mandi Air Dingin Bisa Atasi Stress

8 Jan 2016


Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya aktivitas atau kegiatan mandi harus selalu dilakukan secara teratur agar tubuh tetap segar dan bersih. Namun jika dilihat secara kesehatan, mandi yang baik itu dilakukan pada waktu pagi hari karena memberikan efek yang sangat baik sekali.

Karena pada waktu pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memulai aktivitas atau kegiatan. Pada waktu pagi hari, udara pagi banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan masih bersih. Zat-zat pada udara pagi ini biasanya bercampur menjadi satu dengan air. 

Ingin punya tubuh yang lebih sehat? Pakar kesehatan menyarankan untuk mandi air dingin. Suhu ideal air sekitar 15 derajat Celsius.

Perbaiki Suasana Hati

Hidroterapi dengan air dingin bisa meningkatkan kadar beta-endorfin dan noradrenalin dalam darah serta otak, yang memiliki efek antidepresan. Studi yang dipublikasi dalam jurnal Medical Hypotheses mengatakan, mandi air dingin selama dua tiga menit secara rutin selama dua minggu, bisa memperbaiki suasana hati pelakunya.

Redakan Sakit Otot

Pakar olahraga Henry Halse menyebutkan, mandi air dingin bisa membantu mengurangi rasa sakit otot setelah berolahraga. Ia menyarankan untuk mengarahkan air dingin ke bagian yang sakit selama lima menit. "Aliran darah yang meningkat bisa membantu memperbaiki otot atau jaringan yang rusak, karena darah mengandung gizi yang punya efek menyembuhkan."

Membuat Kulit Jadi Indah

Merawat kecantikan bisa dengan mandi air dingin. Pakar Dermatologi Neal Schultz, M.D. menyarankan untuk membersihkan badan dengan air hangat lalu akhiri dengan air dingin. Air dingin bisa mengencangkan kulit dan pori-pori. Kulit Anda akan terlihat lebih mulus dan cerah.

Rambut Jadi Lebih Berkilau

Air hangat yang digunakan untuk membilas sampo dari rambut, akan mengurangi keindahan rambut Anda. Demikian ujar Julia Tzu, pakar dermatologi. Gunakan air dingin setelah memberikan conditioner pada rambut, agar rambut lebih berkilau dan halus.

Bantu Atasi Stres

Mengurangi Tingkat Stres dan resiko darah tinggi pada pikiran anda, kegiatan atau kesibukan yang banyak dapat membuat pikiran anda menjadi penat dan stress. Namun dengan mandi air dingin dipagi hari akan memastikan seluruh tubuh mendapatkan oksigen dalam jumlah yang banyak. Kebutuhan oksigen pada seluruh tubuh akan mengurangi tingkat stress dan kepenatan yang dialami.

Sumber Artikel:

No comments:

Post a Comment