Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

26 Jun 2015

Sel-sel kulit kepala yang telah mati akan mengalami pengelupasan dan pengelupasan yang belebihan ini dinamakan dengan ketombe. Ketombe bukanlah merupakan organisme namun ketombe hanyalah sel kulit kepala yang mengelupas dan menumpuk di kepala. 

Memang ketombe adalah sebuah kondisi yang sangat menganggu dan dapat menyerang siapa saja. Malahan ketombe merupakan hal yang dapat menganggu aktivitas dan penampilan. 

Berikut cara untuk mengatasi ketombe dengan bahan alami:

Cuka

Penggunaan cuka putih dicampur dengan segelas air dilakukan sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Cuka putih dikenal pada masyarakat tradisional sebagai bahan aktif untuk menghilangkan ketombe.

Cuka akan menyingkirkan kulit yang tidak dinginkan yang akan mengelupas menjadi ketombe, dan tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan lebih banyak ketombe setelah dibersihkan.

Soda Kue 

Campurkan soda kue dalam takaran secukupnya, kemudian campurkan dengan air dan gunakan seperti halnya pada waktu keramas. Partikel-partikel kecil yang ada pada soda kue dapat berguna dalam menghilangkan ketombe yang terjebak dalam rambut Anda. Soda kue juga memberikan pengaruh dalam produksi kelenjar minyak di kulit kepala yang dapat menghambat timbulnya ketombe.

Lidah Buaya 

Cara penggunaannya sangat mudah, ambillah satu helai tanaman aloe vera kemudian kupas. Bagian yang berlendir gosokkan pada kulit kepala secara merata. 

Lidah buata atau tanaman aloe vera ini bekerja karena ia dapat mengatur seberapa cepat sel-sel Anda tumbuh, dan karena ketombe sering disebabkan oleh sel-sel tumbuh dan mati terlalu cepat.

Jeruk Nipis

Belah jeruk nipis menjadi dua kemudian gosokkan pada kulit kepala. Apabila terdapat luka di kulit kepala biasanya akan terasa sedikit perih, namun jangan khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Lakukan terapi dengan jeruk nipis ini secara rutin untuk mendapatkan kulit kepala yang bebas ketombe.

Garam 

Pemakaian garam adalah dengan menaburkannya sebagai campuran shampo pada waktu keramas. Sedikit kristal abrasif akan bekerja sebagai exfoliator alami. Hali ini kerana dapat membersihkan kulit kepala. Cara ini akan lebih mudah karena garam adalah adalah bahan yang selalu ada di rumah. Fungsi garam dapur adalah untuk menetralisir atau mengurangi aktivitas perkembangbiakan jamur yang menjadi penyebab ketombe.

Sumber artikel:

No comments:

Post a Comment